Jumat, 26 September 2008

Kegiatan Akhir Ramadhan


Insya Allah pada hari Sabtu (tanggal 27 September ini), kami para Alumni ESQ training bermaksud untuk melakukan silahturahmi ke pasien-pasien di Ruangan Anak RSU Dr Soetomo yang terpaksa oleh karena kondisi sakitnya harus merayakan lebaran di rumah sakit.

Dalam acara silaturahmi ini, Insha Allah kami akan membagikan 100 bingkisan buku aktivitas dan majalah bagi si sakit, dan 100 paket makanan dan minuman untuk keluarga yang menjaganya.

Semoga, apabila ada setitik kebaikan di dalamnya, Allah akan catat dan memperhitungkan sebagai penghapus dosa-dosa kita. Amin

Subhanallah..bahkan ternyata dalam Islam adab menjenguk orang sakit juga diatur. Berikut dibawah ini adalah adab menjenguk orang sakit (dari Dr. M.Quraish Shihab):

1. Waktu Kunjungan
- Sesegera mungkin setelah mendengar ada kabar bahwa kerabat kita sakit.
- Tidak berkunjung pada saat istirahat

2. Cara Kunjungan
Abu Umamah meriwatkan bahwa Nabi SAW bersabda," Kesempurnaan menjenguk si sakit adalah hendaknya penjenguk meletakkan tangannya ke dahi si sakit atau memegang tangannya sambil bertanya keadaannya."
Anjuran ini dilakukan bila keadaan si sakit memungkinkan. Apabila tidak memungkinkan cukup bertemu keluarganya dan berdoa untuk si sakit.

3. Sikap dan Ucapan

Sikap dan Ucapan penjenguk harus melahirkan ketenangan,dan mencerminkan optimisme.
" Kalau kamu menjenguk orang sakit berilah ia harapan hidup/ kesembuhan yang cepat, karena itu menyenangkan hatinya." Demikian petunjuk Rasulullah sebagaimana diriwayatkan At Tirmidzi.

Namun apabila si sakit sendiri telah menyadari betapa parah penyakit yang dideritanya, penjenguk dianjurkan untuk menekankan perlunya kesabaran dalam menghadapi cobaan itu sambil mengingatkan ganjaran yang disajikan Allah bagi orang yang bersabar menerima cobaan.

Kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya ialah salah satunya menjenguk orang sakit. Dan dalam hal ini tidak terbatas hanya pada penyakit yang parah, namun juga penyakit ringan.

Bagi para Alumni ESQ, untuk mengikuti acara ini dapat berkumpul di

Alamat : Jalan Kendangsari V no 3 YKP Surabaya

Hari / Tanggal: Sabtu / 27 Sept 2008

Pukul : 12.30 WIB

Hubungi no : 031-78132316 / 081357646399

Semoga Allah memudahkan segala urusan kita. Amin.





0 komentar: