Rabu, 29 Oktober 2008

Kajian Alumni - Peretas silahturahmi, mendekatkan diri pada Ilahi


"Obat Hati ada lima perkaranya...
Yang pertama baca quran dan maknanya....
Yang kedua sholat malam dirikanlah...
Yang ketiga berkumpulah dgn orang sholeh...
Yang keempat perbanyaklah berpuasa...
Yang kelimat dzikir malam perbanyaklah"

Itu adalah sepenggal syair lagu "Tombo Ati" yang sering dinyanyikan di masjid-masjid dan dipopulerkan oleh Budayawan Emha dan penyanyi Opick. Dalam syair lagu itu disebutkan, apabila salah satu dari kelima hal tersebut, dijalani dengan istiqomah, Insya Allah...Allah SWT akan meridhoi...Amin..

Hati...sesuatu yang harus dijaga...
Ustadz AA Gym bahkan menuliskan syair lagu yang terkenal dan dinyanyikan oleh Snada..."Jagalah Hati"...Hati merupakan sumber penggerak...Terkadang hati cenderung pada keburukan dan adakalanya cenderung pada kebaikan. Kita selalu berdoa pada Allah SWT...Dzat Yang Maha Membolak balikkan Hati...Agar kita selalu istiqomah dengan kecenderungan hati yang selalu berbuat kebaikan.

Sejujurnya, hati manusia cenderung pada kebaikan, namun ada kalanya kita lupa karena adanya belenggu. Kita perlu "obat hati". Dalam ikhtiar kita untuk selalu menjaga hati maka salah satu dari obat hati berupa baca quran dan maknanya...serta berkumpul dengan sholeh, merupakan dua hal yang tersirat dalam Kajian Alumni.

Berangkat dengan niat yang baik untuk membudayakan baca quran dan maknanya dalam mendekatkan diri kita pada Ilahi serta meningkatkan ukhuwah silahturahmi dengan sesama alumni ESQ, maka Forum Komunikasi Alumni (ESQ) Surabaya berencana mengadakan Kajian Alumni.

Kajian Alumni, Insya Allah, akan dilaksanakan rutin setiap dua minggu sekali. Selain itu, Kajian Alumni juga dilaksanakan pada setiap training profesional ESQ. Dan juga, satu bulan sekali akan dilaksanakan secara bergantian di rumah alumni. Sehingga, Insya Allah, Kajian Alumni akan dilaksanakan setiap minggu. Detil dari rencana ini akan kami publikasikan. Mudah-mudahan Allah SWT memudahkan langkah kita bersama.

Kajian Alumni juga dapat diikuti oleh adik-adik FOSMA dan SHOT serta GEMA.
Mari kita hidupkan budaya baca quran dan maknanya serta pererat tali silahturahmi. Insya Allah...Gusti Allah meridhoi...Amin


Mengutip ceramah dari rekan kita, jangan hanya "membunyikan" Alquran, tapi pahamilah. Seperti kita mempelajari bahasa Inggris untuk kepentingan sekolah kita dalam mempelajari ilmu yang berbahasa pengantar Inggris maka tentunya dalam mempelajari Alquran dan maknanya, kita perlu juga memahami artinya (baca terjemahannya). Tentunya, silahturahmi dengan sesama alumni dan ustadz penceramah merupakan bentuk "berkumpul dengan orang sholeh."

Ayo kita ajak juga keluarga...Semoga kita mendapatkan hikmah dari kegiatan ini. Dan semoga kita menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah. Amin


(Gambar Alquran diambil dari www.insansains.wordpress.com dan Gambar mengaji dengan anak-anak diambil dari www.al-ikhwan.net).

Salam 165

0 komentar: